Rabu, 26 Juli 2017

Bahaya!!! Akibat pasang kawat gigi hanya untuk tren gaya

INFOKUSTYLE | Bahaya!!! Akibat pasang kawat gigi hanya untuk tren gaya, Akhir-akhir ini masyarakat lebih peduli kepada kesehatan gigi. Bahkan, mereka bukan sekadar memelihara supaya sehat, melainkan juga menjaga penampilan gigi supaya terkesan rapi serta indah. Sayangnya, berbagai perawatan gigi yang asal-asalan atau cuma untuk bergaya dapat berdampak fatal.

Menurut drg. Diono Susilo dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), tetap tak sedikit masyarakat awam yang latah untuk memasang kawat gigi atau behel untuk tujuan bergaya saja. Ditambah, pemasangan behel diperbuat oleh orang yang bukan tenaga profesional atau dokter gigi.

Bahaya!!! Akibat pasang kawat gigi hanya untuk tren gaya
image:kompas.com

"Terutama masyarakat yang ekonominya bukan high level itu berpendapat pakai kawat gigi tuh sesuatulah ya, serta mereka tak sadar kalau bukan dipasang oleh tenaga profesional sehingga bukan kecantikan namun malah berantakan. Bahkan, manfaat giginya bakal rusak," katanya saat ditemui usai Konferensi Pers IDEC di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Rabu (26/7/2017).

Baca Juga:

Pernah berbagai kali Diono menerima pasien yang mengalami persoalan gigi, semacam kesusahan mengunyah hingga tumor sebab memasang kawat gigi di tukang gigi. Padahal, menurut pria berkacamata ini, tukang gigi tak berwenang untuk meperbuat praktik tersebut.

"Tukang gigi itu yang dilegalkan hanya membikin gigi tiruan lepasan, hanya itu tok. Tak pencabutan, tak menanam gigi, apalagi masang bracket. Sebab itu (kawat gigi) ada perhitungannya, ada ukurannya. Tadi yang maksudnya hendak gengsi hendak estetik malah berantakan," ujarnya.

Sebagai asosiasi yang menaungi seluruh dokter gigi di Indonesia, PDGI sendiri telah meperbuat upaya untuk menekan perpersoalanan ini. Diono berkata, PDGI telah menginisiasi para dental suplier untuk tak menjual bahan-bahan terhadap yang bukan dokter gigi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon